LPM

SekilasĀ  LPM

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi bertujuan menjamin pemenuhan Standar Pendidikan Tinggi secara sistemik dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi berfungsi mengendalikan penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu. Penjaminan mutu pendidikan tinggi merupakan program yang penting dan wajib dilaksanakan oleh semua institusi penyelenggara pendidikan tinggi berdasarkan Undang-undang No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Adapun pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan tinggi telah diatur sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Pelaksanaan dan implementasi sistem penjaminan mutu merupakan aspek yang menentukan untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi terdiri atas: Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI); dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, dan dikembangkan oleh perguruan tinggi. SPME direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, dan dikembangkan oleh BAN PT dan/atau LAM melalui akreditasi sesuai dengan kewenangan masing-masing. Luaran penerapan SPMI oleh perguruan tinggi digunakan oleh BAN-PT atau LAM untuk penetapan status dan peringkat terakreditasi perguruan tinggi atau progam studi.

Visi & Misi

Visi

Unggul dalam penyusunan, peningkatan standar, dan penjaminan mutu bersama unit kerja dalam tri dharma sekolah tinggi, Sumberdaya dan Tatakelola di lingkungan STMIK Adhi Guna.

Misi

  1. Meningkatkan reputasi dan akreditas di bidang tri dharma STMIK Adhi Guna
  2. Menjamin pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di program studi.
  3. Menjamin mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama dengan Unsur Pelaksana yang lain.
  4. Mengawal akreditasi institusi di lingkungan STMIK Adhi Guna.
  5. Melaksanakan pelatihan dan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).
  6. Melakukan koordinasi dan pengembangan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Internal (SIPMI).
  7. Melaksanakan kerjasama dengan unit kerja lain di lingkungan STMIK Adhi Guna untuk peningkatan mutu sumberdaya, tatakelola dan layanan.

Tujuan dan Ruanga Lingkup Kebijakan SPM

Tujuan Kebijakan SPM

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tridharma Pendidikan Tinggi di lingkungan STMIK Adhi Guna sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.
  2. Mewujudkan transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat, dan pemangku kepentingan (stakeholder) tentang penyelenggaraan tri dharma pendidikan tinggi sesuai dengan standar yang ditetapkan.
  3. Mengajak semua pihak di lingkungan internal dan eksternal STMIK Adhi Guna untuk bekerjasama mencapai tujuan dengan berpedoman pada standar mutu dan secara berkelanjutan berupaya untuk meningkatkan mutu.
  4. Mendapatkan pengakuan kualitas akademik STMIK Adhi Guna baik di level nasional sesuai dengan visi yang telah dicanangkan.

Ruang Lingkup Kebijakan

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) STMIK Adhi Guna adalah kegiatan sistemik dan sistematis di STMIK Adhi Guna yang didorong oleh kebutuhan dan kesadaran internal (internally driven) untuk menjamin mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di STMIK Adhi Guna. SPMI diperlukan untuk menetapkan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan meningkatkan kinerja penyelenggaraan Tri Dharma di STMIK Adhi Guna secara konsisten dan berkelanjutan.

Cakupan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal adalah pada aspek Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan standar mutu perguruan tinggi. Program Penjaminan Mutu STMIK Adhi Guna dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan untuk menjamin :

  1. Kepuasan terhadap seluruh pemangku kepentingan (stakeholders),
  2. Transparansi,
  3. Efisiensi dan Efektifitas,
  4. Akuntabilitas pada penyelenggaraan Tri Dharma STMIK Adhi Guna