header-int

Gelar Wisuda Luring, STMIK Adhi Guna Perketat Keamanan dan Protokol Kesehatan

Sabtu, 19 Des 2020, 15:25:35 WIB - 53 View
Share
Gelar Wisuda Luring, STMIK Adhi Guna Perketat Keamanan dan Protokol Kesehatan

STMIK Adhi Guna resmi menggelar wisuda secara luring di Swiss Bell Hotel pada Senin, 23/11/2020. Hj. Mus Aidah, S.Pd,MM selaku Ketua STMIK Adhi Guna menyampaikan terkait pelaksanaan Wisuda kali ini permohonan maaf sedalam-dalamnya, dalam kesempatan wisuda kali ini tidak seperti biasanya karena kita diwajibkan untuk bersama-sama mematuhi imbauan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sedang melanda negeri tercinta ini dengan melakukan social distancing dan physical distancing dan disertai dengan protokol 3M (Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak) dan menggunakan handsanitizer, dan selalu menjaga kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 untuk diri kita sendiri, keluarga dan bangsa. Hj. Mus Aidah mengatakan bahwa digelarnya wisuda secara luring tahun ini telah mendapatkan izin dari Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Palu dengan nomor surat 736/01.416/SPP Covid-19/XI/2020, yang telah memberikan rekomendasi kepada STMIK Adhi Guna untuk melaksanakan kegiatan Wisuda ini dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Dalam pelaksanaan wisuda yang ke 18 ini yang dilakukan secara luring, diikuti oleh 162 orang yang terdiri dari 84 orang Program Studi Teknik Informatika dan 78 orang Program Studi Sistem Informasi. Pada kesempatan ini terdapat wisudawan yang patut mendapat penghargaan karena meraih IPK 3,86 masa studi 3 tahun 9 bulan dari program studi Teknik Informatika dan IPK 3,85 masa studi 3 tahun 10 bulan dari Program Studi Sistem Informasi.

Pada kesempatan ini STMIK Adhi Guna memberikan beberapa persyaratan dan aturan yang harus dipatuhi oleh wisudawan. Mereka wajib menaati seluruh protokol kesehatan yang berlaku selama mengikuti prosesi wisuda. Mulai dari pengecekan suhu tubuh saat akan memasuki ruangan hingga penggunaan masker dan face shield selama prosesi wisuda berlangsung, kemudian kendaraan pengantar wisudawan/wisudawati hanya diperbolehkan 50 persen dari kapasitas maksimalnya.

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 dalam kegiatan wisuda kali ini orang tua atau wali wisudawan terbatas dalam mengikuti prosesi wisuda tahun ini, hal itu semata-mata dilakukan panitia sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 meskipun pada prosesi wisuda tahun ini bertatap muka secara langsung, semoga tidak mengurangi niat tulus untuk memberikan penghargaan dan ungkapan kegembiraan atas pencapaian keilmuan para wisudawan wisudawati.

Sementara itu, dalam orasi ilmiah yang dibawakan oleh Guru Besar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Pak Prof Ir. Zainal A Hasibuan, MLS.,Ph.D,  menyampaikan agar alumni harus memiliki semangat Entrepreneurship/berwirausaha, Pada zaman ini menjadi Entrepreneurship tidak harus ada usaha/tempat usaha, seperti hal nya yang dimiliki oleh StartUp seperti Travoloka, Tiket.com, Gojek dan lain sebagainya. StartUp tersebut tidak punya hotel, mobil, sepada motor, rumah makan atau pesawat tetapi mereka menjadi Entrepreneurship digital yang sukses. Untuk menjadi Entrepreneurship digital mahasiswa harus memulai dari ekonomi mikro (kecil) dan menggunakan prinsip berkolaborasi bukan bersaing dengan Usaha Kecil dan Menengah(UKM). Peran sebagai seorang IT harus menyediakan StartUp untuk markening, pemasaran dan penjualan produk-produk UKM masyarakat, dengan tujuan agar usaha masyaratkan dapat lebih berkembang. Mahasiswa yang jangan berpikiran jika tamat mencari kerja, tetapi ubah cara berpikirnya dengan fokus Entrepreneurship, kita tidak mungkin lari perkembangan teknologi yang terus berkembang tetapi kita harus mampu menjadi bagian dari perkembangan tersebut. 

Sementara itu, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX yang di Wakili oleh Pak Sekretaris Pelaksana oleh Pak Drs. Andi Lukman, MSi mengatakan, prosesi wisuda merupakan momentum yang sangat penting dalam kehidupan pendidikan, momentum itu diartikan sebagai akhir tugas dan tanggung jawab STMIK Adhi Guna dalam mengantarkan secara formal mahasiswa menjadi insan yang berilmu dan berakhlak mulia serta siap meniti profesi dan karier dengan andalan ilmu sesuai bidang keahliannya.

Andi Lukman Juga, mengatakan Saat ini Kementrian Pendidikan Tinggi Mencanangkan Program Kampus Merdeka – Merdeka belajar adalah suatu keharusan untuk membuka dan menerapkan program tersebut. Kampus dan Mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengatur dan menyiapkan apa yg dibutuhkan oleh dunia kerja. Ia berharap kampus bisa menterjemahkan Program itu dalam proses belajar mengajar dikampus.

Pada Acara itu juga lakukan Penyerahan Secara Simbolis Program Indonesia Pintar BRI Oleh Pimpinan BRI Cabang Palu Kepada Mahasiswa STMIK Adhi Guna yang Berprestasi.

Unidha Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Adhi Guna Menuju Universitas , Kampus IT Terbaik Di Sulawesi Tengah | Alamat Kantor Jl.Undata No.3 Keluarahan Besusu Barat Kota Palu- Sulteng
© 2021 STMIK ADHI GUNA | THE FUTURE SOLUTIONS Follow STMIK Adhi Guna : Facebook Twitter Linked Youtube